by

Dugong Terdampar Mati Ditemukan di Sebong Pereh



BINTAN:- Pada Jumat (25/1/2019) warga menemukan seekor Dugong yajg terdampar dalam keaadan mati di Pantai Desa Sebong Pereh Kabupaten Bintan.

Atas inisiatif salah seorang warga Ari melaporkannya kepada POKMASWAS Sebong melalui aplikasi Whatsapp. Kemudian ditindaklanjuti dengan koordinasi dengan DSCP  site Bintan terkait kejadian tersebut.

Dari laman BPSPL Padang Jumat, (25/1/2019), Tim BPSPL Padang Satker Tanjung Pinang dan DSCP site Bintan tiba  di lokasi penemuan Dugong mati tersebut sekitar pukul 10.54 WIB.

Penanganan pertama dilakukan dengan mengidentifikasi bangkai yang ditemukan dengan pemeriksaan kondisi fisik bangkai tersebut.

Dari hasil pengamatan dan pemeriksaan Dugong tersebut telah mengalami pembusukan tingkat lanjut dengan Kode terdampar 4 (Tumbuh sudah membusuk, perut pecah, kepala tidak utuh, sirip kanan sudah tinggal tulang) dan berjenis kelamin betina.

Selain itu, juga dilakukan pengukuran moformetrik oleh tim dengan hasil panjang 299 cm, lingkar badan 165c m, lebar ekor 60 cm dan lebar sirip 34 cm. dengan estimasi berat   lebih kurang 200 kg.

Penanganan akhir terhadap bangkai tersebut adalah dilakukan penguburan  yang berlokasi di pesisir pantai Desa Sebong Pereh (Koordinat : 01o07’37,8” N 104o16’54,89” E).(ml)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *