by

Tim Safari Pers Koarmada I Gelar Penyegaran Hukum, Operasi Gaktib dan Yustisi



TANJUNGPINANG:- Segenap Prajurit dan Pns TNI AL se-Pulau Bintan, mengikuti kegiatan Safari Pers dari Tim Safari Pers Komando Armada (Koarmada) I di Gedung Serba Guna (GSG) Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal IV Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (11/12/2019).

Acara tersebut diawali dengan sambutan dari Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., yang diwakilkan kepada Asisten Personel Danlantamal IV Kolonel Laut (K) Acep Maksum, S.E., M.M., CHRMP.

Dalam sambutannya, Kolonel Laut (K) Acep Maksum, S.E., M.M., CHRMP menyampaikan di era globalisasi dan perkembangan teknologi saat ini dengan ditandai dengan derasnya arus informasi dengan membawa berbagai budaya luar, seringkali tidak sesuai dengan budaya bangsa.

“Hal ini merupakan tantangan dan godaan bagi para prajurit termasuk PNS di lingkungan TNI dalam melaksanakan tugas-tugasnya semakin kuat dan sulit untuk dihindari,” ujarnya.

Ia juga mengatakan tidak sedikit prajurit maupun PNS yang terlibat masalah, hanya karena tidak bisa menahan diri terhadap berbagai godaan. Dari gaya hidup yang cenderung ingin serba instan dan cepat dalam memenuhi keperluan hidupnya. Dimana akhirnya  akan merugikan terhadap personel dan keluarganya serta dapat merugikan organisasi.

“Menyadari bahwa sumber daya manusia baik militer maupun PNS, sebagai inti kekuatan yang akan menentukan keberhasilan pelaksanaan Tupoksi setiap institusi TNI, juga dengan menyadari bahwa dampak negatif yang ditimbulkan dari perubahan perilaku yang akan merugikan, tentunya harus ada berbagai upaya dari kita semua, untuk memberikan pemahaman sekaligus contoh kepada para Prajurit dan Pns dilingkungan TNI, agar mampu mengendalikan baik dirinya maupun keluarga, sehingga terhindar dan tidak terjerumus kepada perilaku negatif,” terangnya.

Disampaikanya, Danlantamal IV berharap melalui Safari Personel ini, diharapkan semua akan mendapatkan penjelasan dan pemahaman berkaitan dengan penyelesaian perkara pidana. Kegiatan operasi Gaktib dan Yustisi, yang harapannya akan diperoleh manfaat  sebagai bekal dan pegangan dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada negara dan bangsa.

Sementara itu, Aspers Pangkoarmada I mengatakan bahwa, salah satu tujuan Safari Pers adalah oleh pimpinan TNI Angkatan Laut mulai tanggal 5 Desember 2019 sampai dengan tanggal 15 Januari 2020 dinyatakan sebagai bulan Tri Sila TNI Angkatan laut.

Bulan Tri Sila ini lanjutnya, merupakan bukan sesuatu yang asing, tetapi justru sudah dilaksanakan tiap hari, nanti pada pelaksanaannya, akan dikunjungi oleh Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), lalu didukumentasikan dan dinilai sampai sejauh mana tingkat kedisiplinan satuan tersebut.

“Penilaiannya meliputi pelaksanaan apel pagi, apel siang, apel divisi jaga, apel satuan, apel olah raga kemudian peran-peran, pembinaan satuan (Binsat) lomba-lomba tiap-tiap satker, jam komandan. Penilaian nantinya bukan untuk mencari nilai satuan yang terbaik, tetapi bentuk-bentuk pengawasan dalam pelaksanaan tugas atau untuk membenahi apakah aturan tersebut sudah dijalankan dengan benar atau belum,” tutupnya.(ral)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *