by

Rumah Qur’an dan Tanfidz S. Abdurrahman M.S. II Diresmikan



BATAM:- Rumah Quran dan Tahfidz S. Abdurrahman M.S. II dibawah pimpinan Ustaz Amiruddin diresmikan, Sabtu (15/2/20). Hadirnya Rumah Quran dan Tahfidz ini merupakan bentuk keperdulian Yayasan Amanah Warisan Kesultanan Riau Lingga dalam pengembangan generasi bangsa Islami sejak usia dini.

Ketua Yayasan Amanah Warisan Kesultanan Riau Lingga, Endri Sanopaka dalam sambutannya mengatakan, momentum peresmian Rumah Quran dan Tahfidz bertepatan dengan 109 tahun memperingati Pernyataan Sultan Riau Lingga Terakhir, Sultan Abdurrahman Muazamsyah II yang dimuat di Koran Strait Times Singapura pada 15 Pebruari 1911.

Menurutnya, amanah yang disampaikan oleh Sultan tersebut yang menjadi pegangan bagi Yayasan Amanah Warisan Kesultanan Riau Lingga  untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan yang memperkuat keimanan dan akhlak bagi generasi penerus. Hal itu dirasa penting di tengah globalisasi dan perkembangan revolusi industri saat ini, terutama di Kota Batam.

“Harapan kami, akan lahir generasi dan masyarakat Batam yang berbasiskan Alquran sehingga ke depan Batam mampu menjadi negeri yang baldatun tayyibatun warabbun ghafur. Kami pun berharap, agar para generasi muda di Batam menjadi semakin termotivasi untuk membaca dan menghafal Alquran dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid,” katanya.

Rumah Quran dan Tahfidz ini baru berkegiatan pada 13 Januari 2020 dan saat ini santrinya berjumlah 38 anak. Lokasi Rumah Quran ini berada di Perumahan Bukit Palem Permai Blok O.3 No. 01, Batam Kota.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batam, Yazid menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Batam sangat mendukung berdirinya Rumah Quran dan Tahfidz ini. Hal ini sejalan dengan semboyan Kota Batam menjadi Bandar Dunia Madani.

“Dengan semakin banyaknya generasi penghafal Alquran di Kota Batam, akan membawa Batam mencapai keberkahan,” katanya.

Di tempat yang sama, Amuri Sulaiman selaku Ketua Lang Nadim, Lembaga di bawah Yayasan Amanah Warisan Kesultanan Riau Lingga juga memberikan dukungannya.

“Sangat penting membangun Kota Batam dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak usia dini kepada anak-anak di kota industri ini,” katanya.

Camat Batam Kota, Aditya Guntur Nugraha pun mengapresiasi pendirian Rumah Quran dan Tahfidz ini. Hal senada disampaikan Lurah Belian Kamarul Azmi.

“Rumah Tahfidz Quran merupakan program yang dicanangkan untuk melahirkan para penghafal Alquran. Kita berharap, rumah ini mampu memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM) berbasis pengembangan keimanan dan ketaqwaan,” kata Aditya.

Di acara itu, para santri yang sudah mendaftar dan memulai pembelajarannya menjadi pengisi acara dengan menampilkan hafalan Alquran , Muroja’ah, erkenalan dengan Bahasa Arab dan Inggris. Selain itu juga ada ceramah oleh santri cilik Althaf.

Bagi masyarakat Batam yang ingin menitipkan anak-anaknya untuk belajar di Rumah Quran dan Tahfidz S. Abdurrahman M.S. II, dapat langsung datang ke Perumahan Bukit Palem Permai Blok O.3 No. 01, Batam Kota.(***)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *