by

Kasus Covid-19 di Batam Hari Ini, Empat Sembuh dan Satu Positif



 


BATAM:– Perkembangan data kasus Covid-19 di Batam Provinsi Kepri hari ini, Kamis (14/5/2020), terdapat satu pasien dinyatakan poisitif dan empat pasien dinyatakan sembuh.

Demikian rilis yang disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Batam, Muhammad Rudi, Kamis (14/5/2020).

Rudi mengungkapkan, pasien yang positif yakni CK (61). Ibu rumah tangga yang beralamat di kawasan perumahan kampung Seraya, Batuampar ini merupakan kasus baru Covid-19 nomor 50 Kota Batam.

“Ini merupakan hasil penyelusuran tim terhadap pasien positif nomor 32 yaitu WNA yang telah meninggal dunia,” kata Rudi.

Untuk diketahui, pasien nomor 50 ini juga merupakan bibi dari kasus terkonfirmasi positif nomor 46 yang tinggal serumah dan saat ini juga berada dalam masa perawatan isolasi/karantina di RSKI Covid-19 Galang, Kota Batam.

“Sebelumnya pasien dinyatakan reaktif pada tanggal 8 Mei saat Tim Puskesmas Tanjung Sengkuang bersama Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Batuampar melakukan pemeriksaam RDT,” kata dia.

Dengan diperolehnya hasil RDT tersebut yang bersangkutan kemudian dirujuk RSKI Covid-19 Galang Kota Batam guna pemantauan dan penanganan lebih lanjut. Selanjutnya, pada tanggal 9 Mei dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan kepada yang bersangkutan dengan hasil terkonfirmasi negatif. Kemudian pada tanggal 11 Mei dilanjutkan kembali dengan pemeriksaan swab tenggorokan kedua di mana hasilnya diperoleh pada hari ini dan dinyatakan positif.

“Sejauh ini, kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta masih dalam proses perawatan isolasi di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam,” ujarnya.

Sebelumnya, Rudi juga mengumumkan empat pasien yang sembuh. Adapun empat pasien ini yakni Ari Ika Nugroho (30), Dasur (52), dan Komaruddin (52) yang merupakan kru KM Kelud yang dirawat di RSKI Covid-19 Galang. Sementara satu pasien di RSUD Batam yakni Gustiarma Marpaung (35) yang merupakan guru di SMA Kristen Basic. Guru SMA ini terkonfirmasi kasus nomor 31 Kota Batam.

Untuk diketahui, pasien Covid-19 yang dirawat di RS rujukan di Batam sebanyak 50 orang, 27 di antaranya sembuh dan tujuh meninggal. Masih ada 16 pasien yang dirawat. Sementara di RSKI Covid-19 Galang, dari 29 pasien positif yang merupakan kru KM Kelud, 28 pasien yang sudah sembuh. Hanya satu pasien saja yang sedang dirawat.

“Dengan adanya pasien sembuh dan pasien positif ini, saya ingatkan dan mengimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam, demi kemaslahatan bersama diminta untuk tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap di rumah saja dan menggunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup,” ujarnya. (mcb/nes)

Berikut jumlah pasien Covid-19 Kota Batam.

  1. RS di Batam
    -Positif 50 orang
    -Sembuh 27 orang
    -Meninggal 7 orang
    -Perawatan 16 orang
  2. RS Galang (KM Kelud)
    -Positif 29 orang
    -Sembuh 28 orang
    -Perawatan 1 orang
  3. RS Batam + RS Galang
    -Positif 79 orang
    -Sembuh 55 orang
    -Meninggal 7 orang
    -perawatan 17 orang

Sumber : Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Batam.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *