by

Nelayan Hut dan Ecobrick, Lokasi Wisata Bawah Laut yang Sangat Asyiiik !!!



Keindahan alam bawah laut Pulau Bintan tidak kalah menakjubkan dibandingkan alam bawah laut daerah lain di negeri ini.

Di Pulau Bintan Provinsi Kepri, khususnya Kabupaten Bintan, selain kawasan wisata terpadu Lagoi, perairan wilayah yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia ini memiliki destinasi wisata bawah laut yang cukup mengasyikan.

Guna menunjang dan mendukung wisata laut di perairan Bintan, sejumlah pengusaha lokal dengan berani berinvestasi untuk membangun Kelong Wisata sebuah bangunan dengan fasilitas lengkap yang mengapung di atas permukaan laut.

Seperti halnya di Perairan Teluk Bakau Kabupaten Bintan, telah berjejer kelong-kelong wisata yang menawarkan aneka ragam fasilitas wisata bawah laut.

Adalah Kelong Wisata Nelayan Hut dan Ecobrick yang berlokasi di lepas pantai Teluk Bakau. Untuk menuju ke lokasi kelong ini, hanya membutuhkan waktu delapan menit dari tepi Pantai Teluk Bakau dengan menggunakan speed boat.

Di sini (kelong Nelayan Hut dan Ecobrick),  wisatawan bisa melakukan berbagai atraksi wisata seperti snoerkling bermain dengan ikan Neemo, melihat karang dan biota laut, diving, memancing, barbeque dan pastinya menikmati seafood yang segar dengan olahan dan racikan para koki lokal.

Nelayan Hut dan Ecobrick merupakan lokasi berwisata yang mengasikan dimana wisatawan bisa berlibur bersama keluarga, sahabat rekan kerja hingga “incentive tour” dari perusahaan dengan jumlah group hingga 30 orang.

Aznan pemilik dan pengelola resort Kelong Wisata Nelayan Hut mengaku dirinya telah  membangun kelong wisata tersebut sekitar tiga tahun lalu.

“Sebelum pandemi Covid-19, kami lebih banyak dikunjungi wisatawan dari mancanegara, terutama dari Singapura. Mereka senang dengan suasana tenang dengan pemandangan hamparan laut dengan gugusan kelong-kelong apung di lepas pantai,”aku Aznan.

Wisatawan mancanegara sambung Aznan biasanya menginap satu hingga dua malam untuk menghabiskan liburan akhir pekan mereka. Dan guna mengembangkan fasilitas berlibur, kini  Nelayan Hut memiliki cottage yang  diberi nama “Ecobrick”

Ecobrick dirancang dengan konsep lokasi wisata perairan yang ramah lingkungan dengan menggunakan properti hasil daur ulang sampah plastik dan botol. Kemudian Balcony Ecobrick sengaja ditata untuk kenyamanan wisatawan dengan menghadap ke  hamparan Laut China Selatan.

Pada kesempatan itu, Aznan menginformasikan pihaknya menawarkan paket wisata yang terjangkau bagi wisatawan lokal.

Saat ini kata Aznan, Kelong Wisata Nelayan Hut dan Ekobrick menawarkan paket dengan harga hanya Rp 350.000 per orang dengan minimal 5 orang maksimal 30 orang, wisatawan dapat menikmati beraneka fasilitas.

“Dengan harga Rp350 ribu per orang maksimal 30 orang  kami menyediakan fasilitas antar jemput transportasi laut dari dan ke Teluk Bakau, kkomodasi, makan malam barbeque, sarapan pagi dan gratis berenang, peralatan snoerkling, mancing, “rinci Aznan dengan nada berpromosi.

Tidak cukup itu saja, ke depan kata Aznan pihaknya akan terus berinovasi dan menjadikan tempat ini lebih menarik dengan mempersiapkan beberapa program lainnya seperti “Coral Conservation”, “Dive Center”. “Sebab Bintan memiliki potensi ini yang belum digarap secara optimal,”sebutnya.

Sapril Sembiring pemilik EMKA Tours yang juga merupakan Ketua ASITA Tanjungpinang – Bintan saat dijumpai di lokasi resort tersebut mengatakan destinasi atau Kelong Wisata ini harus terus didorong dan didukung.

“Pariwisata berbasis masyarakat seperti ini harus kita bantu untuk tumbuh dan berkembang. Kita juga ingin potensi lokal ini menjadi daya tarik unggulan di Bintan, “katanya.

Pada kesempatan itu, Sapril berjanji akan membantu mempromosikan paket-paket wisata yang dikelola oleh masyarakat tersebut. “Tentu usaha wisata ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Destinasi ini unik dan menarik, karena kombinasi antara kearifan lokal dan misi menyampaikan pesan agar kita terus menjaga lingkungan, “sebutnya.

Membatasi penggunaan plastik sambung Sapril pastinya tidak membuang sampah sampah plastik ke laut. “Aneka kemasan paket-paket wisata menarik di sini bisa dikonsultasikan dengan Emka Toirs yang sudah memiliki pengalaman mengelola pariwisata puluhan tahun lamanya. Jika anda berminat berwisata ke Kelong Kelong wisata di Bintan anda dapat menghubungi EMKA Tours,” tutupnya.(nes)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *