by

Berikan Kemudahan Bagi WBP, Kalapas II A Tanjungpinang Pastikan Gratis

Mediamaritim, Tanjungpinang- Fungsi layanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tanjungpinang, ditingkatkan. Dari layanan terendah hingga lebih tinggi. Lapas memastikan, semua layanan, khususnya buat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), dipermudah dan tidak dipungut bayaran alias gratis. Dalam prakteknya juga bebas pungutan liar (Pungli).

Seperti dikutip www.infotiga.com Kepala Lapas Kelas IIA Tanjungpinang, Wahyu Hidayat, mengatakan terkait layanan Asimilasi dan Integrasi, seperti Pembebasan Bersyarat (PB), Cuti Bersyarat (CB), Cuti Menjelang Bebas (CMB), Cuti Mengunjugi Keluarga (CMK) dan Asimilasi. Layanan Integrasi dan Remisi ini tertuang di dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 43 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pemberian Hak bagi WBP.

”Semua layanan ini, tidak dipungut biaya dan bebas pungutan liar,”ujar Wahyu Hidayat, Selasa (22/2/2022).

Saat ini, Lapas Kelas II Tanjungpinang, berlokasi di Batu 18 Kijang, Kabupaten Bintan, membawahi 5 Pejabat Struktural Eselon IV dan 8 Pejabat Struktural Eselon V. Semua pejabat ini sepakat melaksanakan fungsi Pelayanan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan prima bagi masyarakat dan warga binaan pemasyarakatan.

Kalapas Kelas IIA Tanjungpinang Wahyu Hidayat
Kepala Lapas Kelas IIA Tanjungpinang Wahyu Hidayat

Dalam Fungsi melaksanakan pelayanan bagi masyarakat dan warga binaan, Lapas Kelas IIA Tanjungpinang memiliki 9 Layanan yang dipersembahkan untuk masyarakat dan warga binaan, seperti layanan remisi dan integrasi gratis.

Untuk layanan masa pandemi Covid-19, lanjutnya Lapas Kelas II A juga menyediakan layanan Video Call Gratis bagi WBP. Video Call bagi WBP ini merupakan salah satu layanan yang bertujuan membatasi penyebaran virus mematikan ini di tengah WBP. Layanan informasi berbasis audio dan video”, masyarakat dapat mengakses segala informasi sehubungan dengan Layanan tepatnya berada diruang Layanan Penitipan Barang Lapas Kelas IIA Tanjungpinang. Dilanjutkan dengan “Layanan Kesehatan bagi WBP dan WBP Lansia
serta Senam bagi WBP Lansia.

Dalam momen tertentu, Lapas juga memberikan remisi kepada WBP. Remisi merupakan Hak bagi Warga binaan berupa Pemotongan masa pidana berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

“Lapas Kelas IIA Tanjungpinang akan selalu memberikan Performa Versi yang terbaik dalam melaksanakan Tugas baik dalam bentuk Pelayanan Kepada Masyarakat maupun Warga Binaan, mulai saat ini Lapas Kelas IIA Tanjungpinang harus mampu meningkatkan kualitas diri sehingga Pelayanan diLapas kita semakin membaik setiap harinya,”ujar Wahyu.

Layanan lain yang diberikan Lapas Kelas IIA Tanjungpinang, tertuju transportasi untuk pulang, baik itu sudah kesorean ataupun masih menunggu jadwal keberangkatan dan tidak memiliki tempat tinggal. Hal ini juga berlaku bagi Pengunjung yang mengalami hal yang sama saat berkunjung ke Lapas Kelas IIA Tanjungpinang.

Layanan kunjungan mobil Pengunjung dan WBP merupakan layanan yang tersedia di Lapas Kelas IIA Tanjungpinang untuk memfasilitasi Pengunjung apabila tidak ada akses Transportasi Darat menuju Jalan Utama atau Pelabuhan, hal ini juga diperuntukkan kepada WBP yang saat Bebas tidak memiliki Akses ke Pelabuhan maupun Jalan Utama.

Di internal Lapas, katanya ada layanan PASTI BATIN AMAN. Layanan ini merupakan singkatan dari Pastikan Barang Titipan Aman. Layanan ini adalah bentuk inovasi layanan yang merujuk kepada penggeledahan Barang Bawaan Pengunjung yang dilaksanakan lebih teliti dan menyeluruh. Sehingga Barang Bawaan Pengunjung harus dipastikan Aman untuk diberikan kepada WBP yang bersangkutan. Hal ini sesuai dengan PERMENKUMHAM Nomor 33 Tahun 2015 tentang Pengamanan pada Lapas dan Rutan tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara.

Layanan lain yang diberikan, Layanan Belajar KEPO. Layanahn ini merupakan Aplikasi yang dapat diakses di Google Palystore yang bertujuan membentuk pola pikir (mind set) dan budaya kerja (culture set) individu pegawai pada unit kerja, hal ini sebagai landasan pondasi dalam rangka pembangunan Zona Integritas pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tanjungpinang.

Makna kata Ke PO adalah rasa ingin tau, pengertian kata KePO pada inovasi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tanjungpinang adalah kepanjangan dari Knowledge and Pocketbook for Organisation yang memiliki arti Pengetahuan dan Buku Saku untuk Organisasi.

Aktifitas Lapas Kelas IIA Tanjungpinang juga dapat dilihat melalui laman media sosial dengan alamat sebagai berikut, Facebok (Lapas Tanjungpinang), Instagram (lapastanjungpinang), Twitter (Lapas Tanjungpinang), dan Youtube (lapas tanjungpinang). (devi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.