by

Dampak Covid-19 Bagi Usaha-Usaha di Indoneisa

-Opini-71 Views

*Oleh : Nola Aprilia

Penyebaran virus corona atau covid-19 berkembang hamper diseluruh belahan dunia. Tidak ada yang mengira bahwa virus ini cepat menyebar ke seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Bahkan penyebarannya meyeluruh baik itu di negara maju maupun negara berkembang. Penyebaran ini virus ini membuat sejumlah negara membuat berbagai kebijakan untuk menghentikan penyebaran virus ini, mulai dari membatasi interaksi warga negara hingga pembatasan penerbangan. Persebaran virus corona atau covid-19 di Indonesia sendiri semakin hari semakin meningkat.

Persebaran virus corona atau covid-19 tidak saja berdampak pada kesehatan masyarakat, akan tetapi berdampak dari bidang pendidikan hingga ekonomi. Dengan adanya wabah covid-19 dilihat dari segi ekonomi seperti usaha-usaha yang ada di indonesia. Walaupun begitu dari otoritas jasa keuangan memastikan akan terus memantau perkebangan pasar. Ini dilakukan bersama self regulatory organization pasar modal Indonesia melaksanakan business continuity management (BCM) untuk menjamin kelangsungan kegiatan pasar modal dengan berbagai aktifitas yaitu:
Pertama, pembagian area kerja (Split Operation) ko beberapa lokasi kerja. Kedua, pelaksanaan bekerja dirumah (Work From Home) dengan tetap memeperhatiakn keberlangsungan layanan kepada stakeholders. Ketiga, membatasi kegiatan-kegiatan, seperti sosialisasi, rapat, dan kegiatan lain yang memerlukan interaksi dengan orang banyak dengan menggunakan fasilitas elektronik. Dan keempat, memastikan kesehatan karyawan.

Dari kebijakan tersebut memang bisa efektif, akan tetapi untuk perusahaan yang menyediakan barang atau produk makanan ini bukanlah hal yang efektif. Dengan adanya kebijakan work from home tentunya bukanlah solusi yang efektif bagi perusahaan penyedia barang. Walaupun ini untuk mengindari persebaran virus corona atau covid-19. Ini dikarenakan untuk perusahaan yang meyediakan barang seperti pabrik makanan. Penyebabnya jika produksinya berhenti pasti berdampak bagi perusahaan. Dengan berhentinya produksi barang juga berdampak bagi masyarakat Indonesia, dimana kebutuhan semakin meningkat. Sedangkan produksi barang menurun, ini akan terjadi ketidakseimbangan anatara barang produksi dan jumlah konsumen. Akibatnya masyarakat akan saling berlomba untuk mendapatkan barang tersebut. Dan ini bukanlah sesuatu yang baik bagi perekonomian Indonesia.

Selain itu seperti perusahaan yang meyediakan jasa. Contohnya seperti perusahaan penerbangan. Dimana maskapai diseluruh dunia telah nmengangguhkan penerbangan. Di Indonesia sendiri dimana sudah kita lihat seperti di turunkannya harga tiket pesawat, lalu dilarangnya warga yang berpergian luar atau dalam negeri selain untuk urusan penting. Walaupun belum ada penangguhan penerbangan, akan tetapi bisa saja ini teradi kedepannya, jika pesebaran covid-19 makin berkembang. Dengan ini tetunya menyulitkan poengusaha yang bergerak dibidang penerbangan. Mereka akan kehilangan para pemakai jasa dan separuh dari keunungan mereka.

Usaha lainnya yang besar dampaknya ialah usaha property seperti mal atau pusat perbelanjaan. Dengan adanya larangan masyarakat dilarang berkumpul di tempat ramai, kemungkinan mll atau pusat perbelanjaan akan tutup. Ini ditakutkan adanya PHK. Di Jakarta sendiri beberapa mal besar sudah mulai memilih ditutup, diantaranya ialah Plaza Indonesia. Ini kemungkinan juga terjadi di daerah-daerah yang sudah ada masyarakatnya yang terinfeksi covid-19. Ini akan berdampak besar bagi ekonomi Indonesia.

Penanganan dari covid-19 ini memang dari dikuranginya masyarakat untuk berkumpul dikeramaian. Dengan masih di terapkan untuk bekerja di kantor bisa menjadi tempat penyebaran covid-19. Kebijakan pemerintah untuk merumahkan para pekerja ini memang paling efektif untuk menghindari penyebaran virus covid-19, namun pemerintah juga harus mengambil langkah antisipatif untuk kelangsungan usaha-usaha yang ada di Indonesia.

*Penulis : Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Dan Politik (STISIPOL) Raja Haji Tanjungpinang

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.