by

DPP GAN Pelajari Teknik Koperasi Terbaik di Indonesia

-Nasional-64 Views

CILACAP:- Dewan Pimpinan Pusat Gaung Anak Negeri (DPP GAN) Provinsi Kepulauan Riau Study Banding ke Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Cilacap. Study banding dari 27 Januari sampai 31 Januari 2018 itu dikomandai Ketua DPP GAN Kepri, Juandi.

Menurut Juandi, study banding untuk mempelajari pengelolaan koperasi nelayan di Kabupaten Cilacap. Koperasi nelayan KUD Mino Saroyo merupakan koperasi nelayan terbaik di seluruh Indonesia dalam pesngelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

“Sebagai daerah maritim, kita sangat penting untuk mengetahui cara mengelola koperasi yang berpotensi menguntungkan para nelayan,” sebutnya.

Pengelolaan koperasi nelayan di Kabupaten Cilacap, sambung Juandi, sudah menguntungkan bagi para anggotanya dan mereka dinobatkan sebagai koperasi terbaik.

“Kami ingin belajar tata cara pengelolaan koperasi yang baik dan benar, agar koperasi yang akan kami bentuk berjalan lancar sesuai mekanisme usaha koperasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Koperasi Kabupaten Cilacap, Tutuk mengapresiasi kunjungan DPP GAN Kepri ke Kabupaten Cilacap.

Ini merupakan penghargaan bagi kami selaku tuan rumah dan kami merasa tersanjung serta sudah menjadi kewajiban kami untuk berbagi pengetahuan agar bermanfaat untuk kita semua. Jumlah nelayan yang tergabung dalam Koperasi Mino Saroyo ada 8.400 yang terbagi menjadi 8 kelompok nelayan. Sedangkan untuk jumlah TPI, berjumlah 7 yang tersebar di beberapa tempat.

“Kami dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Cilacap hanya sebatas melakukan pembinaan saja dan untuk pengembangannya langsung dibawahi pihak KUD Mino Saroyo,” paparnya. (dyk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.