by

Kadin Bintan : Terdapat 5 Poin Penting untuk Genjot Kunjungan Wisatawan

-Bintan-247 Views

BINTAN:- Belakangan tingkat kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Bintan mengalami penurunan yang signifikan.

Namun demikian, Kadin Bintan dan pelaku usaha pariwisata di Bintan tidak pernah putus asa untuk menggenjot kunjungan wisatawan.

Selain itu, dalam kondisi dunia pariwisata yang lesu ini dibutuhkan peranan pemerintah pusat maupun Pemkab Bintan dalam berbagai hal, termasuk penerapan regulasi yang meringankan beban pelaku usaha pariwisata.

Pada Jumat (6/3/2020) bertempat di Ruang Rapat Pertemuan Bintan Resort Cakrawala  Lagoi, Kadin Bintan dan General Manager Council Bintan  Gerald A Hendrick serta sejumlah perwakilan pelaku usaha pariwisata Bintan melakukan pertemuan guna membahas persoalan-persoalan penting terkait dengan kepariwisataan Bintan ke depan.

Usai pertemuan, kepada media ini Ketua Kadin Bintan Edi Rusman Surbakti mengungkapkan lima agenda penting yang dibahas pada pertemuan tersebut.

Pertama kata Edi, menyangkut penerapan pemotongan pajak Hotel dan Restoran di Bintan yang akan dibebaskan  dimulai 1 Maret 2020.

“Kita butuh aturan dan surat edaran pemberlakuan pemotongan pajak hotel dan restoran serta disosialisaikan kepada pihak Hotel dan Restauran di Bintan, “ungkapnya.

Kemudian sambung Edi, menyangkut Peraturan Daerah tentang Tata ruang. Perda ini sangat dibutuhkan bagi pelaku usaha di Bintan khususnya pariwisata.

“Sebab ada beberapa rekan rekan kita sedang melakukan pengembangan tempat usahanya jadi ini dibutuhkan sebagai dasar untuk pengembangan tersebut, “ujarnya.

Dan yang ketiga kata Edi, program akseleresi promosi melalui roadshow ke beberapa kota di Indonesia agar memperkuat pasar wisatawan domestik ke Bintan.

Dan hal penting ke empat sebut Edi, inisiasi kontribusi 5 % persen anggaran dari Pendapatan Asli Daerah dari Sektor pariwisata dialokasikan untuk promosi dan event pariwisata

“Iini penting agar dimasa mendatang kita bisa menghadapi kondisi kondisi sulit saat seperti sekarang ini,”harapnya.

Terakhir sebut Edi, penanganan pencemaran laut akibat limbah oli di sepanjang pantai  Bintan.  Persoalan ini harus segera ditangani karena sudah bertahun-tahun tanpa terselesaikan.

“Perlu ada langkah kongkrit dan nyata sebab teman-teman pelaku usaha sangat dirugikan dengan kondisi ini,”katanya

Lima poin penting ini kata Edi akan menjadi bahan diskusi dan disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPRD Bintan, Senin (9/3/2020) pekan depan.

Sementata itu, Gerald A Hendrick menyampaikan bahwa dukungan serius dari berbagai pihak termasuk dari pemerintah untuk penyelesaikan persoalan Limbah yang harusnya ada progress dengan langkah langkah yang kongkrit.

Disamping itu, Ia berharap upaya media atau media sosial untuk mempromosikan kepariwisataan Bintan dengan baik.

Ia juga berharap informasi berkaitan diskon harga tiket pesawat betul-betul dapat membantu dalam menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bintan.(ss)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.