by

KKP dan TNI AL Lepaskan Bibit Lobster Senilai Rp46 Miliar di Perairan Barelang

JAKARTA – Sebanyak 95 kotak boks sterofoam berisi Benih Bibit Lobster (BBL) hasil tangkapan TNI AL dilepas liarkan di Perairan Pulau galang baru, barelang Batam. Benih Bibit Lobster yang dilepas liarkan itu terdiri dari 466.600 jenis lobster Pasir dan 785 jenis lobster Mutiara. Nilainya ditaksir mencapai Rp46 miliar.

Menurut Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin, pelepasliaran itu dilakukan setelah penyerahan barang bukti ke Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL Batam) dan BKIPM.

“Setelah dilakukan pencacahan dan pencatatan, benih lobster itu langsung dilepasliarkan,” ujar Adin.

Benih ini merupakan hasil tangkapan dari penyelundup yang berhasil diungkap pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersinergi dengan TNI Angkatan Laut. Penangkapannya terjadi pada Selasa (24/5/2022).

Adin pun telah menginstruksikan kepala Pangkalan PSDKP Batam untuk mengoordinasikan penanganan lebih lanjut terhadap BBL yang berhasil diselamatkan.

“BBL yang berhasil diamankan telah diserahkan kepada Pangkalan PSDKP Batam. Selanjutnya dilaksanakan proses pelepasliaran di habitatnya di laut dengan didukung oleh Kapal Pengawas Hiu 03,” ungkap Adin.

Lebih lanjut Adin menambahkan bahwa penangkapan yang dilakukan oleh TNI AL ini merupakan sinyalemen yang jelas bahwa seluruh aparat penagak hukum memiliki cara pandang yang sama dalam menangani penyelundupan lobster.

“Dari sinergi ini kami melihat sudah ada kesamaan sikap dari semua aparat penegak hukum untuk menindak tegas penyelundupan BBL. Ke depan sinergi ini akan terus kami tingkatkan terutama untuk mendukung implementasi program prioritas Pak Menteri,” pungkas Adin.

Untuk diketahui BBL banyak ditemui di perairan Indonesia. Namun selama ini budidaya lobster terkendala oleh minimnya bibit lobster berupa BBL yang kerap diselundupkan untuk dijual ke luar negeri.

Oleh karena itu Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono telah melarang ekspor BBL untuk memacu perkembangan budidaya lobster di Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. (*/arl)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.