by

Manager PT Meraseti Logistik Indonesia Ditahan karena Kasus Korupsi Impor Besi Baja

JAKARTA – Manager PT Meraseti Logistik Indonesia yang berinisial T ditangkap Direktorat Penyidikan Jaksa Agung karena tersandung korupsi Impor Besi Baja. Manager PT Meraseti Logistik Indonesia ini sudah ditetapkan tersangka sejak 19 Mei 2022. Kasusnya dugaan korupsi Impor Besi, Baja Paduan dan Produk Turunannya Tahun 2016 sampai 2021.

Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Ketut Sumedana menjelaskan peranan T dalam perkara tersebut diantaranya tersangka T bekerjasama dengan BHL. BHL menyiapkan sejumlah uang yang diserahkan kepada Tersangka T untuk diberikan kepada Tersangka TB guna memperlancar pengurusan pembuatan Surat Penjelasan (sujel) di Direktorat Impor pada Kementerian Perdagangan RI.

Tersangka T adalah orang yang melakukan pemalsuan surat penjelasan (sujel) di Jalan Pramuka Jakarta. Berbekal surat palsu Tersangka T memebrikan surat itu kepada BHL untuk dipergunakan dalam importasi besi atau baja, baja paduan dan produk turunannya.

Tersangka T adalah orang yang berperan aktif untuk melakukan pendekatan dan pengurusan surat penjelasan melalui Tersangka TB di Direktorat Impor pada Kementerian Perdagangan RI.

PT. Meraseti Logistik Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang Ekspor Import yang beralamat di Jakarta Utara. Perusahaan ini melayani Pengurusan Dokumen sampai pengiriman barang Expor dan impor.

Untuk mempercepat proses penyidikan, Tersangka T ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba selama 20 hari terhitung mulai 30 Mei 2022 sampai dengan 18 Juni 2022.

Tersangka T disangka melanggar Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (*/arl)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.