by

Mantan Juru Parkir dan Pengamen Bikin Aplikasi Robot Trading lalu Merampok Rp5 Triliun

JAKARTA – Aplikasi trading di Indonesia yang melakukan penipuan terbongkar kini banyak yang terbongkar.

Ada aplikasi Quotex yang bikin Doni Salmanan eks tukang parkir jadi crazy rich Bandung.

Lalu, ada aplikasi Binomo yang bikin eks pengamen Indra Kenz jadi crazy rich Medan.

Ada juga aplikasi Fahrenheit milik PT FSP Akademi Pro.

Keduanya mendadak kaya raya dalam waktu sekitar dua tahun. Ternyata, hartanya diperoleh dengan cara merampok secara online dengan membuat aplikasi untuk investasi bodong.

Modusnya, para korban dibujuk keuntungan yang berlipat ganda, hingga para korbannya terbuai dengan manis mereka hingga rela menyetorkan uang sebanyak-banyaknya dengan ekspektasi mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Awalnya keuntungan diberikan, setelah para korban meningkatkan investasi, akun para korban langsung diblok dan saldonya langsung hilang.

Selain Quotex dan Binomo yang bikin loss, ada juga aplikasi investasi bodong lainnya, yakni Fahrenheit.

Aplikasi investasi yang berkedok robot trading itu bahkan bisa menyedot uang korbannya senilai total Rp 5 triliun dalam waktu yang singkat.

Kini Polri menangkap dalang robot trading Fahrenheit.

Hendry Susanto selaku Direktur PT FSP Akademi Pro yang menjadi perusahaan pengelola dana korban investasi robot trading Fahrenheit.

Hendry Susanto sudah ditangkap dan ditahan Bareskrim

PT FSP Akademi Pro ini berdiri pada sejak 2019 lalu sebagai pengelola dana korban investasi robot trading Fahrenheit.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis menyebutkan, untuk kasus investasi bodong ini, para tersangka dijerat dengan Pasal 28 Ayat 1 dan atau Pasal 45 Ayat 1 dan 2 dan atau Pasal 27 Ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Kemudian, Para pelaku juga dijerat dengan Pasal 105 dan 106 UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Pasal 3, 4, dan 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU. Dan Pasal 55 dan 56 KUHP UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. (*/arl)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.