by

Musim Tanam ke II, Empat Desa di Lingga Lakukan Persiapan Lahan Sawah

-Lingga-67 Views

LINGGA:- Memasuki musim tanam ke II tahun 2020, empat desa di Kabupaten Lingga telah melakukan penyiapan lahan sawah.

Ke empat desa itu masing-masing Desa Lanjut, Desa Sungai Besar, Desa Kerandin dan Desa Bukit Langkap. Diprediksi, keempat desa ini akan memberikan kontribusi untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan masyarakat Kabupaten Lingga, seperti halnya Desa Panggak Darat.

Maka dari itu, Bupati Lingga, H. Alias Wello meminta kepada para penyuluh pertanian untuk mengambil langkah – langkah antisipasi dan koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Lingga.

“Ini penting untuk memastikan ketersediaan sumber-sumber air bagi pengairan sawah pada keempat desa tersebut, “ujar Alias Wello, Senin (20/4/2020).

Pasalnya kata Alias Wello, berdasarkan prakiraan kondisi iklim dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dirilis Kementerian Pertanian, wilayah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, diperediksi akan mengalami musim kemarau lebih kering dari normalnya.

Sebagaimana diketahui, awal April 2020 lalu, Alias Wello bersama petani dan masyarakat Desa Panggak Darat melakukan panen padi sawah yang menembus 6.2 ton per hektare.

“Kita apresiasi dengan penghargaan yang setinggi-tingginya atas capaian panen padi sawah ini, “ujarnya saat panen di hadapan para petani dan masyarakat desa setempat.

Sementara itu Kepala Desa Panggak Darat, Zulmafrija kepada awak media menyampailam terdapar sekitar 30 hektar lahan sawah yang ditanami padi di desa setempat. “Panen saat ini diperkirakan akan memberikan kontribusi 32,4 persen atas kebutuhan beras masyarakat Lingga yang diperkirakan 240 ton per bulan, “ujarnya. (mus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.