by

Pekan Ini Tour de Bintan 2022 di Lagoi

Ribuan Atlet dari 46 Negara Ikut Tour de Bintan 2022
BINTAN – Setelah beberapa tahun vakum karena Pandemi Covid-19, event internasional Tour de Bintan digelar lagi.

Pelaksanaan Tour de Bintan akan berlangsung pada 14, 15 dan 16 Oktober 2022 pekan ini. Diperkirakan akan ribuan peserta yang akan ikut Tour de Bintan.

Bahkan, sejumlah hotel di lagoi kini sudah di-booking oleh turis dan peserta Tour de Bintan.

Masa pendaftaran peserta Tour de Bintan yang dimulai sejak akhir tahun 2021 lalu akan ditutup sehari sebelum pelaksanaan lomba 13 Oktober 2022. Saat ini hampir 1000 peserta yang sudah mendaftar dari 46 negara

Untuk memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan Tour de Bintan, Kapolda Kepri sudah meninjau langsung sejumlah titik yang dijadikan rute Tour de Bintan pada Minggu (9/10/2022). Saat meninjau lokasi, Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman M.Si didampingi sejumlah Pejabat Utama Polda Kepri, Kadishub Kabupaten Bintan, Kominfo Kabupaten Bintan, Kapolres Bintan dan pejabat utama Polres Bintan.

Kapolda Kepri bersama rombongan melihat langsung kesiapan di garis start yang berada di kawasan wisata Lagoi Bay Bintan. Saat dilokasi Kapolda mendengar penjelasan dan pemaparan dari Kapolres Bintan Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono selaku penanggung jawab pengamanan Tour de Bintan.

“Ada 285 personel disiapkan untuk pengaman Tour de Bintan nanti. Rincian, 182 personel cadangan Polres Bintan 35 personel memegang hp zoom meeting secara live di posko, 71 personel Dishub, Pol pp 64, Brimob 31 (sterilisasi venue start/finish), TNI 15, personel Security PT.BRC 30 personel. Jumlah perkuatan-perkuatan dari Polda Kepri terdiri dari 5 Ditlantas, Bid TIK 10 personel disediakan juga video tron 8×4, Bidhumas 5 personel mengawaki one broadcast system (penyiaran satu suara biar tidak ada berita yg tidak berimbang dilapangan), Obvit sarpras beserta operator 8 personel,” kata Kapolres Bintan.

Menurut Kapolres, ada pengamanan di 15 persimpangan di sepanjang rute dengan perserta lomba berjumlah 946 yang berasal dari 40 Negara. Peserta yang sudah tercatat terdiri dari 800 pria dan 146 wanita.

Kapolda memerintahkan tim keamanan untuk melakukan simulasi jika terjadi kecelakaan.

“Simulasikan berapa lama upaya evakuasi dalam menyelamatkan korban. Namun, hal baiknya adalah lakukan antisipasi sehingga hal yang tidak diinginkan tidak terjadi, bentuk juga tim gerak cepat yang tujuannya mengantisipasi situasi urgensi,” kata Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman M.Si. (*/arl)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.