by

Pulihkan Ekonomi, UMKM Sektor Vital yang Jadi Perhatian Pemprov Kepri

BATAM – Pemerintahan Provinsi Kepri sedang mengupayakan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kepulauan Riau. Ini dalam upaya pemulihan ekonomi di Kepri, sektor UMKM adalah sektor vital yang perlu diperhatikan.

Hal itu ditegaskan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad saat Safari Ramadan ke Perumahan Bukit Indah Sukajadi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam Kota, Batam, Selasa (12/4).

Selama pandemi, lanjut Ansar, banyak pelaku UMKM yang terpaksa gulung tikar karena tak sanggup survive. Adapun paska pandemi, para pelaku UMKM mencoba untuk merintis kembali usahanya. Hanya saja tak jarang yang mengeluh karena keterbatasan modal.

“Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kepri bekerjasama dengan Bank Riau Kepri telah menggulirkan program pinjaman lunak bagi pelaku UMKM dengan bunga 0 persen. Bunga pinjamannya disubsidi sepenuhnya oleh Pemerintah,” ujar Ansar.

Ansar berharap program ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang benar-benar ingin merintis usahanya kembali paska pandemi. Dan kebijakan Pemerintah Provinsi Kepri  memberi subsidi bunga pinjaman bagi pelaku UMKM tersebut merupakan langkah upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi Kepri.

“Banyak langkah-langkah yang kita lakukan untuk pemulihan ekonomi Kepri dan sektor UMKM ini menjadi salah satunya,” kata Ansar.

Adapun soal pembangunan infrastruktur, Gubernur Ansar juga menyampaikan jika Pemerintah Provinsi Kepri sedang menggesa beberapa program pembangunan di seluruh Kepri. Salah satunya di kota Batam seperti di pembangunan sarana pendidikan SMA/SMK,  pembangunan jalan simpang Frengki, pembangunan jembatan Batam- Bintan sebgai New engine-nya perekonomi masyarakat Batam dan masyarakat Bintan.

“Untuk ini semua Pemerintah Provinsi Kepri butuh kolaborasi seluruh masyarakat Kepri tanpa terkecuali. Begitu juga Pemerintah kabupaten dan kota agar bersinergi, punya semangat yang in line. Tidak hanya menurunkan kebijakan-kebijakan Pemprov Kepri, tapi juga menurunkan kebijakan Pemerintah pusat. Insya Allah jika kita kompak dan bersatu padu, pemulihan ekonomi di Kepri bisa segera kita wujudkan,” pungkas Ansar.

Saat Safari Ramadan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad didampingi jajaran staf khusus dan Kepala OPD di lingkungan Pemprov Kepri.  Ansar menyampaikan, bahwa masjid merupakan jantungnya umat Islam. Tidak hanya menjadi tempat ibadah sebagai fungsi utamanya, tetapi juga sebagai tempat mendidik kader, tempat menimba ilmu, tempat membangun ukhuwah dan sebagainya.

Menurutnya, merupakan tugas seluruh umat Islam, dimanapun untuk memakmurkan masjid-masjid yang ada. Dan tahun ini melalui Pemerintah Provinsi Kepri telah menggulirkan dana hibah untuk memakmurkan rumah ibadah yang ada diseluruh Kepri sebesar Rp78 miliar.

“Kita semua, sebagai umat muslim, punya tugas masing-masing untuk memakmurkan masjid-masjid yang ada. Karena masjid adalah jantungnya umat, maka kitalah yang bertanggungjawab untuk merawat, mempercantik dan memakmurkannya,” kata Ansar Ahmad. (zah/arl)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.