by

Tahun Ini, Jalan Tol di Kawasan Puncak Bogor Mulai Dibangun

JAKARTA – Anggota Komisi V DPR RI Mulyadi menyampaikan apresiasi atas dukungan segenap elemen yang terlibat dalam proses percepatan pembangunan jalan tol, terutama di sekitar Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Pasalnya, dukungan ini menjadi vital untuk mengurai kemacetan yang kerap kali terjadi dan sulit tertangani, khususnya pada akhir pekan dan tanggal merah.

“Bayangkan banyak kejadian-kejadian yang sangat memprihatinkan akibat kemacetan yang parah terjadi. Seperti, anak-anak sekolah terlambat, pemberlakuan one way saat mudik, hingga bahkan ada yang melahirkan di jalan di mobil,” ungkap Mulyadi saat ditemui Parlementaria usai mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI meninjau persiapan pembangunan Jalan Tol di Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (4/6/2022).

Sebagai wakil dari masyarakat Kabupaten Bogor, legislator dapil Jawa Barat V itu bersyukur dengan opsi percepatan proses percepatan pembangunan Jalan Tol yang tersebar di sepanjang Caringin, Cisarua, hingga Gunung Mas menjadi solusi efektif. Ia berharap, ke depannya, pembangunan yang direncanakan tahun 2022 itu bisa berdampak baik demi mengurai kemacetan Kawasan Puncak, Bogor.

“Melalui kunjungan spesifik hari ini, saya berterima kasih yang luar biasa kepada Pimpinan dan Anggota Komisi V DPR RI, termasuk dengan Dirjen Bina Marga dan teman-teman BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Kementerian PUPR yang sangat concern dan akan mencari solusi yang terbaik,” tutup Anggota Fraksi Gerindra DPR RI itu.

Perlu diketahui, permasalahan kemacetan yang kerap kali terjadi di Kawasan Puncak ini diakibatkan oleh ukuran jalan di Kawasan Puncak, terbilang sangat kecil, antara 8-12 meter akan tetapi sering diakses kendaraan roda empat. Selain itu, volume kendaraan konsisten meningkat dan kendaraan sering berupaya menyalip untuk mendahului kendaraan di depan dengan mengambil lajur berlawanan.

Sehingga, solusi mengurai kemacetan harus segera dilakukan. Dalam rangkaian Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPR RI dengan mitra kerja diungkapkan beberapa alternatif sebagai upaya mengurangi masalah tersebut. Seperti, pelebaran ruas jalan, pembangunan rest area di lokasi tertentu, pembangunan jalan tol, dan jalan pintas di sejumlah titik kemacetan. (*/arl)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.