by

Tersangka Korupsi Usaha Tambang Tak Ditahan karena Ada Jaminan Rp100 Juta

TANJUNGPINANG –  Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau (Kejati Kepri) melimpahkan kasus pengusaha tambang bauksit dengan tersangka Ferdy Yohanes kepada ke jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Rabu (25/05).

Ferdy Yohones merupakan tersangka kasus dugaan korupsi Izin Usaha Pertambangan-Operasi Produksi (IUP-OP) Pemerintah Provinsi Kepri tahun 2018-2019.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Kepri, Nixon Andreas Lubis mengatakan, tersangka Ferdy merupakan pengembangan kasus tambang bauksit dengan 12 tersangka lebih dulu.

“Sudah kami serahkan ke jaksa penuntut umum di Kejari Tanjungpinang,” kata Nixon di Kejari Tanjungpinang.

Ia melanjutkan, tersangka mengajukan permohonan penangguhan penahanan karena sudah mengembalikan kerugian keuangan negara senilai Rp7,5 miliar dan jaminan.

“Tersangka tidak ditahan dan tidak dicekal, karena telah mengembalikan kerugian negara. Ada juga permohonan dari isterinya dan jaminan senilai Rp100 juta,” lanjutnya.

Tak hanya itu, jaksa penuntut umum tidak menemukan kekhawatiran terhadap tersangka akan menghilangkan barang bukti, kabur, dan komperatif.

Sebelumnya, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri, menetapkan Ferdy Yohanes sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi zin Usaha Pertambangan-Operasi Produksi (IUP-OP) Pemerintah Provinsi Kepri tahun 2018-2019 beberapa waktu lalu. (len)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.