by

Tugboat Pembawa 52 Kontainer Tenggelam di Tokong Hiu Karimun

KARIMUN – Tug Boat (TB) Mega Daya 43 / BG (Barge) Marcopolo 188 yang sedang membawa kontainer sebanyak 52 unit tenggelam di perairan utara Pulau Karimun Besar (Takong Hiu) , Provinsi Kepulauan Riau pada, Kamis (26/05/2022) sekitar pukul 01.00 WIB dinihari.

Menurut Kasatpolairud Polres Karimun AKP Binsar Samosir, penyebab tenggelamnya kapal TB Mega Daya  43/ BG Marcopolo 188 secara rinci diketahui dan masih dalam penyelidikan.

“Penyebabnya secara rinci belum dapat dipastikan. Saat ini kami masih melakukan proses evakuasi dan penyelidikan, ” ucapnya melalui ponselnya, Kamis (26/05/2022) seperti dilansir siberindo.co grub mediamaritim.com.

Binsar Samosir menjelaskan, proses evakuasi dilakukan bersama dengan Pangkalan  TNI AL TBK, KSOP Karimun dan Tim SAR TBK.

Kronologis peristiwa tersebut, menurut Binsar, Tugboat Mega Daya 43/BG Marcopolo 188 membawa kontainer dari Perawang (Riau) menuju Singapura. Saat melintasi di jalur pelayaran timur dengan koordinat posisi lintang 1′.10′.4 N/ bujur 103′.26′.5″E armada laut pembawa container itu tenggelam.

“Ketika melewati perairan Karimun, saya mendapat laporan dari kapten, bahwa  kondisi BG Marcopolo 188 sudah miring 60 derajat,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun diperkirakan ada sebanyak 12 kontener jatuh ke laut. Kontainer ukuran 20 kaki 7 unit dan sisanya ukuran kontainer 40 kaki.

Hingga kini belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. (Dan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.