by

Waaster Panglima TNI Wasev Kegiatan Opster TNI Galang 01

BATAM:- Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo melaksanakan kegiatan pengawasan dan evaluasi (Wasev) terhadap kegiatan Operasi Teritorial (Opster) TNI Galang 01 TA. 2019 di Batam Kepulauan Riau, Senin (02/9/2019).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan Opster TNI TA 2019, yang sudah digelar sejak tanggal 29 Juli 2019 di dua tempat yaitu di Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa Kota Batam dan Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang, Galang.

Pada pelaksanaan Wasev, Waaster didampingi oleh Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Opster TNI TA. 2019.

Di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam, merupakan awal kegiatanya yaitu sambutan dari Danlantamal IV Tanjungpinang, dilanjutkan mendengarkan dan menyaksikan laporan perkembangan Opster TNI Galang 01 TA 2019, yang dipaparkan Asisten Potensial Maritim (Aspotmar ) Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Arief Meidyanto selaku Dansubsatgas Non Fisik.

Dalam sambutannya Danlantamal IV mengatakan,  pelaksanaan Operasi Teritorial TNI ini diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar dan pemerintah Provinsi Kepulauan Riau khususnya kota Batam, dan dapat terjalin kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk menciptakan harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembinaan teritorial TNI, dalam menangani permasalahan pengamanan di wilayah perbatasan, sehingga diperoleh pencapaian tugas yang maksimal untuk mendukung pemerintah kota  Batam,” paparnya.

Dijelaskan juga, dalam rangka menciptakan keamanan pelayaran dari pembajakan, perompakan, pencurian kapal dan mencegah penyelundupan narkoba, BBM, elektronik, rokok, minuman keras, TKI ilegal, serta menanamkan kembali wawasan kebangsaan kepada segenap masyarakat.

Sementara itu, Waaster Panglima TNI mengatakan saya memberikan apresiasi kepada Dansatgas Opster TNI Galang 01 TA. 2019 atas pelaksanaan yang sudah dikerjakan selama hampir 2 bulan.

“Bersinerginya dalam pelaksanaan tugas tersebut antara TNI, Polri dan masyarakat sehingga  tercipta satu kesatuan yang utuh untuk membangun didaerah tersebut,” ujarnya.

Opster TNI adalah salah satu sarana unutk membantu pemerintah daerah yaitu membentuk karakter yang baik, sehingga terhindar dan menyadari perilaku yang kurang baik, serta membantu masyarakat menunjang kegiatan bermasyarakat.

Untuk perlu diketahui, Kegiatan di Lanal Batam di tutup dengan meninjau kegiatan fisik ke Posko Opster TNI Galang 01 TA 2019, Tibun dan WC Lapangan Sepak Bola, Lapangan Bola Volley, Lapangan Sepak Bola Takraw dan Mesjid An-Nur.

Kegiatan non fisik meninjau Komunikasi Sosial terhadap masyarakat dan pelajar SMA sebanyak 200 personel bertempat di Aula Palm Spring. Kedua kegiatan tersebut berada di Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa Kota Batam.(ral/yok)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.